7 Temuan Arkeologi Paling Misterius Di Dunia [Part 1]

Diposting oleh Safri Ctlaser pada 02:52, 06-Jan-13

Di: Pengetahuan

Temuan kuno yang membingungkan para arkeolog justru sangat diminati oleh publik, mungkin karena penjelasan yang menarik tentang bagaimana dan mengapa suatu temuan tersebut ada yang dikemukakan oleh para ahli. Ketujuh temuan arkeologi berikut telah berhasil menjadi topik yang terus hangat diperbincangkan ­ ­ meskipun usiamereka sudah ribuan tahun, dan terus muncul di sampul majalah tahun demi tahun serta melahirkan teori-teori dan gagasan baru akan keberadaan mereka.

1. Gobekli Tepe

Apakah manusia telah tinggal di dalam sebuah kota permanen, bercocok tanam dan kemudian membangun kuil sejak tahun 8.000 SM yang lalu? Sebuah penemuan arkeologi yang menakjubkan pada tahun 1994 diGobekli Tepe, sebuah daerah pedesaan di Turki, menelurkan hipotesis tersebut yang juga memicu pertanyaan baru tentang evolusi peradaban.

Dengan ditemukannya beberapa area berbentuk seperti cincin yang di dalamnya terdapat pilar batu besar yang berukirkan adegan hewan dan berasal dari 10.000 tahun yang lalu, Gobekli Tepe dianggap sebagai tempat pemujaan atau tempat peribadatan tertua di dunia. Namun bukti juga menunjukkan bahwa orang-orang yang membangunnya adalah masyarakat pemburu yang semi-nomaden, yang mungkin belum kenal cara bercocok tanam.

Karena Gobekli Tepe, para arkeolog sekarang harus memutar otak dan berpikir dengan keras yang mana yang datang terlebih dulu. Apakah nenek moyang kita membangun kuil terlebih dahulu kemudian tinggal dalam sebuah kota permanen atau sebaliknya, tinggal dalam kota lalu membangun kuil di dalamnya, seperti yang para arkelog pikir selama ini.

2. Piramida Mesir

Dibangun hampir 5.000 tahun yang lalu di tempat yang sekarangberloka ­si di Kairo, kompleks tiga piramida, dengan piramida yang terbesar adalah Piramida Khufu, merupakan penghormatan orang Mesir kuno untuk Firaun dan seluk-beluk keyakinan mereka di akhirat. Namun yang membingungkan adalah, para arkeolog masih saja terus menemukan terowongan dan lubang rahasia yang dibangun di dalam piramida. Mereka sendiri masih belum tahu dengan pasti dan terus berusaha mencari petunjuk tentang siapa yang membangun piramida ini, bagaimana dan mengapa, bahkan sampai hari ini.

3. Garis Nazca Nazxa Lines

Dari tanah, Garis Nazca di Peru bukanlah hal yang spektakuler. Namun, jika dilihat dari udara, dari mana mereka pertama kali ditemukan oleh pesawat komersial pada tahun 1920-an dan 1930-an, Garis Nazca ini sangat mengagumkan. Para arkeolog setuju bahwa bentuk besar yang ada ratusan jumlahnya, mulai dari garis-garis geometris sampai penggambaran rum­it dari hewan,tumbuhan dan tokoh imajiner, dibuat lebih dari 2.000 tahun yang lalu oleh orang-orang Nazca pra-Inca, dengan cara menyingkirkan kerikil yang berwarna kemerahan sehingga tanah berwarna terang di bawahnya tersingkap dan menunjukkan gambar yang mereka desain.

Namun, mengapa mereka melakukan hal tersebut tetap menjadi hal yang misterius. Ada sebagian arkeolog yang mengatakan bahwa garis-garis tersebut mungkin adalah metode komunikasi ritual dengan dewa Nazca yang dilakukan masyarakat Nazca saat itu. Namun hal tersebut tidak dapat dibuktikan dengan pasti sehingga teori-teori lain pun bermunculan. Bahkan sampai memicu teori konspirasi yang mengatakan bahwa Nazca line ditujukan sebagai tempat pendaratan alien dan astrologi kuno.

4. Mekanisme Antikythera

Seperti sesuatu yang ditampilakanpad ­a film harta karun yang fantastis, penemuan Mekanisme Antikythera masih menjadi masalah arkeologi yang membingungkan. Ditemukan di reruntuhan sebuah kapal kargo Yunani yang tenggelam dan berusia setidaknya 2.000 tahun, artefak perunggu melingkar ini berisi labirin roda gigi dan karakter misterius terukir di seluruh permukaannya.

Artefak ini merupakan perangkat yang paling canggih yang pernah ditemukan dari periode tersebut. Awalnya artefak ini dianggap sebagai jenis alat navigasi astrolabe. Para arkeolog terus berusaha menyingkap kegunaannya dan setidaknya sekarang mereka telah tahu bahwa artefak tersebut adalah sebuah kalender astronomi yang sangat rumit.

→ Baca Selanjutnya ←

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "7 Temuan Arkeologi Paling Misterius Di Dunia [Part 1]"

w2c41n pada 10:45, 14-Apr-13

Postingn yg waw bos,
ijin pasang link x di http://wachyin.blog.fc2.com

Safri Ctlaser pada 10:52, 14-Apr-13

@w2c41n,
silakan.. biggrin

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)